Bahaya Conficker

Conficker (juga disebut Downup, Downandup dan Kido) adalah worm yang muncul pada Oktober 2008. Conficker menyerang Windows dan paling banyak ditemui dalam Windows XP. Microsoft merilis patch untuk menghentikan worm ini pada tanggal 15 Oktober 2008. Heinze Heise memperkirakan Conficker telah menginfeksi 2.5 juta PC pada 15 Januari 2009, sedangkan The Guardian memperkirakan 3.5 juta PC terinfeksi. Pada 16 Januari 2009, worm ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC, menjadikannya salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat.

Untuk mengetahui apakah komputer anda terkena worm ini, anda bisa menggunakan fasilitas Conficker Online Infection Indikator, apabila komputer atau laptop anda bebas dari conficker gambar ini akan muncul.









Beberapa varian dari conficker yang sudah di temukan, seperti:

- Win 32 / Conficker A di temukan pada 21 November 2008

- Win 32 / Conficker B di temukan pada 29 Desember 2008

- Win 32 / Conficker C di temukan pada 20 Februari 2009

- Win 32 / Conficker D di temukan pada 4 Maret 2009

- Win 32 / Conficker E di temukan pada 8 April 2009


Win 32 / Conficker B biasanya menyerang pada removable drives seperti USB drives. Terlihat di gambar ini




















Terdapat pilihan Open folder to view files — Publisher not specified, itu merupakan tambahan dari si worm, sedangkan pilhan yang lainnya merupakan asli dari windows yang harus anda pilih, jadi jangan sampai salah pilih.

Gambar ini menerangkan cara kerja conficker:


Ciri computer yang terkena conficker:

- System Restore anda menjadi lumpuh, sehingga anda tidak bisa menggunakan fasilitas ini.

- Muncul pesan Generic Host Process (GHP) Error dan Internet connection sharing menjadi terputus

- Conficker akan berusaha mendownload file untuk update dirinya ke beberapa website yang telah di siapkan daftarnya ( 250 domain ).

Untuk mencegahnya anda harus patch computer yang OSnya ( Operating System ) rentan terhadap conficker. Untuk mendapatkan detail patchnya silahkan download ke http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx atau anda juga bisa mengunduh security product seperti Microsoft Malicious Software Removal Tool.


Sob baru saja membaca artikel yang berkategori Tekno
Judul : Bahaya Conficker
Bookmark : https://websitepenghasiluang.blogspot.com/2009/05/bahaya-conficker.html.