Tips Menjaga Komputer dr Virus


Di tahun 2010 ini menurut pemred PC Media virus komputer masih akan terus menteror semua pengguna komputer di dunia. Virus yang mungkin harus lebih di perhatikan sekarang ini yaitu Conficker, sebab virus ini terbilang lihai dalam mencari celah pada operating system (Baca : Bahaya Conficker).
Untuk virus lokal, di tahun 2010 sepertinya tidak terlalu berbahaya sebab berdasarkan record dari 2007 sampai 2009 teknik yang di gunakan para “penyebar virus” selalu sama. Sehingga kebanyakan virus lokal dapat mudah di atasi.

Namun begitu kita harus tetap waspada terhadap bahaya virus di luar, khusus anda yang bergelut dengan koneksi online.
Tips berikut mungkin bisa di jadikan referensi anda dalam melindungi komputer anda dari serangan virus.

1.      Update Antivirus
Apapun antivirus yang anda lakukan sebaiknya lakukan update secara berkala. Akan lebih mudah bila anda mempunyai koneksi online, sebab antivirus bisa langsung mencari updatenya. Tahun 2010, antivirus luar yang popular seperti AVG dan AntiVir (Avira). Anda bisa download di tiap masing masing websitenya.

2.      Update Window
Bagi anda yang menggunakan OS (Operating System) Window sebaiknya update secara berkala, sebab conficker bisa masuk melalui celah celah yang ada pada windows. Pengupdatean window bisa meminimalkan kemampuan conficker untuk masuk ke komputer kita.

3.      Hati hati terhadap situs yang tidak di kenal.
Untuk anda yang suka melakukan download lagu atau film sebaiknya pilih situs yang memang di kenal bukan situs yang “underdround”. Sebab para “penyebar virus” biasanya memasukkan virusnya ke website website seperti itu atau ke website pornografi.

4.      Hindari “add invitation” pada situs pertemanan.
Bila anda pengguna facebook atau twitter harus lebih berhati hati terhadap “add invitation” dari orang yang anda tidak kenal.

5.      Backup secara berkala
Tidak ada antivirus lokal atau luar yang bisa memberikan jaminan perlindungan. 100% dari virus. Oleh karena itu sebaiknya anda melakukan backup data secara berkala, apalagi kalau anda berprofesi sebagai editor video atau foto.


6.      Gunakan Linux atau Mac OS
Banyak orang yang mereferensikan kedua OS sebagai OS yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap virus. Mungkin anda bisa mencobanya, Linux atau Mac OS