Pake HP waktu berkendaraan, bahaya!












Anda adalah seorang pengendara motor atau mobil yang sering menggunakan handphone dalam berkendaran. Sebaiknya anda harus menghentikan kebiasaan ini, berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh Amerika mengatakan kalau potensi terjadinya kecelakaan akibat penggunaan handphone waktu berkendaraan hampir sama di bandingkan dengan pengaruh alkohol, diantaranya :

- Tahun 2007 Nationwide Mutual Insurance Company menemukan kalau 79% pengendara mobil menggunakan handphone untuk daily talk dan 19 % untuk SMS. Angka ini akan meningkat seiring bertambahnya pengguna handphone.

- Peneliti Carnegie Mellon University menemukan bahwa pengemudi di bawah pengaruh alkohol maupun sedang berbicara dengan telepon selular sama-sama mengakibatkan kecelakaan

Lalu bagaimana dengan hands-free equipment untuk handphone, apakah alat itu membantu kita sewaktu kita berkendaraan. Penilitian yang dilakukan Carnegie Mellon University selanjutnya mengatakan bahwa dokumentasi melalui foto otak atau brain image didapatkan bagaimana menelpon dapat menurunkan aktifitas otak saat mengemudi sebesar 37%. Sebagai percobaan, peneliti menggunakan simulator mobil. Pada saat pengujian menggunakan simulasi, para relawan melewati jalan zig-zag sambil berbicara di ponsel. Namun hasilnya menunjukan pengemudi keluar dari garis zig zag sesuai pakem normal.

Oleh karena itu beberapa negara sudah menerapkan peraturan melarang pemakaian handphone saat berkendaraan. Contohnya di UK, negara ini sudah menerapkan peraturan ini sejak 2003, beda halnya dengan Amerika, negara uncle Sam ini baru menerapakan pada July 2008 tapi hanya untuk beberapa daerah saja seperti California, Washington, Utah, Connecticut, New York, New Jersey, and Washington D.C. Peraturan ini juga di terapkan di negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Bagaimana di Indonesia ?

Di Indonesia peraturan ini sudah ada, namun seperti biasa warganya tidak memperhatikan. Hebatnya lagi di negara Indonesia, kita tidak hanya bisa melihat pengendara yang sedang memakai handphone, kita juga bisa melihat pengendara yang sedang menghitung uang setoran sewaktu mobil masih berjalan….hebat gak tuh…

Mungkin untuk negara-negara lain kita bisa sarankan buat SIM nya di sini…he..he..he….