Hati-hati sama Scareware
































Anda pernah mendapatkan gambar-gambar seperti diatas di komputer atau laptop anda. Gambar tersebut adalah Rogue Scanner, Advance Antivirus atau Scareware. Kenapa di bilang Scareware, karena program ini di buat memang untuk menakut-nakuti si pengguna PC. Kalau PC anda terinfeksi oleh scareware ini biasanya akan muncul pesan seperti ini CRITICAL ERROR MESSAGE! - REGISTRY DAMAGED AND CORRUPTED” atau pesan-pesan yang lainnya yang mengindikasikan kalau PC anda terkena suatu virus dan untuk menghilangkannya anda harus mengunduh program yang sudah mereka sediakan.

Beberapa nama anti virus atau cleaner utility akan tertera dalam message box seperti Antivirus XP 2008, Antivirus XP 2009, Vista Antivirus 2008, WinFixer, Spyware Stormer, Smart Antivirus 2008, Smart Antivirus 2009, PC-Antispyware, MS Antispyware, MS Antivirus, IE Antivirus, ID Defender, antivirus2008, Antivirus 2009, Regitry Cleaner XP, MalwareCore, WinDefender, XPDefender and WinSpywareProtect.

Perlu di perhatikan program yamg mereka tawarkan tidak menyelesaikan masalahnya alias SCAM. Lebih parahnya lagi kalau anda jadi mengunduh program yang mereka tawarkan bukan hanya masalah anda yang tidak selesai, tetapi uang anda juga akan habis berlipat-lipat.Banyak kasus menyebutkan bahwa biaya yang ditagihkan ke kartu kredit tidak sesuai dengan yang tertera pada saat transaksi dan bisa beberapa kali lipat. Karena itu sebaiknya anda segera memblokir kartu kredit tersebut dan mengganti dengan yang baru. Dan yang menjadi lebih mengkhawatirkan lagi ternyata varian dari scareware ini banyak sekali, tercatat sudah 100 varian yang sudah terdeteksi dan itu akan terus bertambah, SO BE AWARE.

Bagaimana scareware menginfeksi PC kita ?

Ada beberapa cara scareware ini menginfeksi PC kita antara lain :

- Melalui pelayanan scan malware atau tune up system komputer gratis

- Lewat email yang berisikan kartu ucapan, berita, ataupun yang menawarkan film porno. Biasanya kita di suruh mengunduh file yang mereka kirimkan atau lampirkan. Perlu di perhatikan filenya dalan bentuk ZIP ( file compress ).

Bagaimana cara menghindari dan mengatasi scareware ?

- Terus update antivirus yang anda pakai secara rutin.

- Jangan sering mempinjamkan flashdisk ke orang lain.

- Berhati-hati kalau ingin mengunduh suatu antivirus, jangan mengunduh antivirus yang tidak di ketahui asal-usulnya. Biasanya mereka menggunakan keyword yang sedang terkenal sekarang. Di Amerika mereka menggunakan keyword Obama atau Natasha Richardson (seorang aktris yang sudah meninggal)

- Lakukan patch (penambalan celah keamanan) secara teratur, usahakan untuk melakukan automatic patch jika komputer anda memiliki hubungan ke internet.

- Bila PC anda terkena scareware, segera putuskan koneksi internet anda untuk mencegah scareware mengupdate dirinya sendiri.

- Kadang-kadang scareware ini mendownload dirinya sendiri ke PC, apabila ini terjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menghentikan download adalah menggunakan key [Alt][F4.

- Gunakan Norman Security Suite dengan update terakhir yang untuk membasmi scareware ini.

- Apabila PC anda sudah terkena parah sebaiknya install ulang PC anda..


Sob baru saja membaca artikel yang berkategori Tekno
Judul : Hati-hati sama Scareware
Bookmark : http://websitepenghasiluang.blogspot.com/2009/05/hati-hati-sama-scareware.html.