Cara Mengatasi Malware di Website

Cara Mengatasi Malware Di Website – Blog atau website sobat pernah kena malware. Jika belum, syukur deh, mudah mudahan tidak kena, soalnya malware tidak hanya “merepotkan” laptop atau komputer kita, tapi juga bisa mengurangi traffic. Belum lama ini 2 website ane yang menggunakan custom domain terdeteksi kena malware oleh antivirus Avast di laptop ane.



Bagaimana cara mengatasi malware ?, semoga penjelasan berikut bisa membantu sobat.

1.      Check menggunakan Google Webmaster.
Buka Google Webmaster, lalu pilih website atau blog sobat yang kena malware. Pilih “diagnostics”, lalu klik “Malware”. Tunggu beberapa saat, hingga asal Malware di ketahui.

2.      Check langsung di kode HTML blog .
Jika Google Webmaster tidak menemukan asal Malware, sobat bisa check langsung di kode HTMLnya. Pertama, catat atau copy dulu, link yang terdeteksi sebagai malware oleh antivirus sobat, lalu cari link tersebut di kode HTML blog sobat. Caranya (khusus Blogspot), pilih “Design”, “Edit HTML” lalu tekan di keyboard sobat “Ctrl F”. Masukkan link malware tadi. Jika sudah di temukan, hapus link tersebut, biasanya terselip atau jadi satu dalam sebuah script. Hapus semua script tersebut.

3.      Pasang Anti Malware di Laptop.
Setelah asal malware di kode HTML blog sudah di temukan dan di hilangkan, sebaiknya sobat juga mengechecknya dengan software anti malware, siapa tahu komputer atau laptop sobat sendiri terdapat malware juga. Banyak program atau software anti malware gratisan yang bisa di pakai. Sobat bisa mencarinya di search engine. Ane sendiri pakai Malwarebytes (Baca: Download Malwarebytes Anti-Malware Pro 1.50.1 Full Version). Program ini sampai sekarang masih akur dengan antivirus Avast yang ane pakai.