Google Chrome OS pengganti Windows

Sudah puluhan tahun Microsoft dengan Windows nya menguasai OS (Operating System) di seluruh dunia, anda pasti ingat semua varian Windows seperti Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, dan terakhir Windows 7 yang di keluarkan sebagai penyempurna Windows Vista.

Namun sekarang “monopoli” OS yang di lakukan windows mulai di usik oleh Google. Perusahaan yang besar karena search engine nya ini sedang mempersiapkan OS baru untuk menyaingi windows yang di beri nama Google Chrome OS, hal ini tentu membuat bos besar Microsoft, Bill Gates menjadi lebih khawatir. Sebelumnya Bing, search engine buatan Microsoft yang di harapkan bisa menyaingi keberadaan search engine milik Google ternyata sampai sekarang hasilnya belum memuaskan.

Sebagai permulaan Google Chrome OS akan di aplikasikan pada netbooks dan rencananya netbooks yang menggunakan Google Chrome OS ini akan mulai di jual di pasaran sekitar pertengahan tahun 2010. Tentunya tidak hanya sebatas netbook saja, Google Chrome OS juga akan di aplikasikan pada PC namun untuk yang satu ini Google tidak memberitahukan secara spesifik kapan akan di luncurkannya. Sebelumnya Google sudah memiliki Android, OS yang di aplikasikan pada mobile phones.



Sundar Pichai direktur engineering Google mengatakan “ Prinsip dari Google Chrome OS yaitu kecepatan, kepraktisan dan keamanan”, dan dia menjamin akan itu. Seorang pengamat industri yang bernama Mr. Enderle juga berpendapat kalau Google Chrome OS merupakan ambisi besar Google untuk bukan lagi untuk menyaingi tapi mengeluarkan Microsoft dari pasaran. Banyak orang juga berpikir kalau Google Chrome OS adalah “Truly Competitive” untuk Microsoft.

Kita tunggu saja bagaimana rupa dari Google Chrome OS ini…