Kelebihan & Kekurangan Blog Dofollow

Sekarang banyak orang yang mulai mempertimbangkan untuk menggunakan system DoFollow pada blog mereka. Memang system DoFollow menawarkan beberapa kelebihan untuk statistik blog kita. Bagi anda yang belum tahu, cara menentukan blog kita menggunakan DoFollow atau NoFollow bisa di check dengan cara :



1. Layout à Edit HTML

2. Beri centang “Expand Widget Templates”

3. Cari kode rel='nofollow'”, agar lebih mudah mencarinya guakan “ctrl F”, paste kode di atas lalu klik next. Bila kode rel=’nofollow’ masih ada berarti blog anda masih menggunakan system tersebut. Untuk menggantinya anda tinggal hapus kode rel=’nofollow’ atau ganti dengan ‘dofollow’.

Kelebihan yang di tawarkan system dofollow ini ke blog kita, antara lain :

1. Banyak komen

Karena blog yang memakai system dofollow memberikan para pengunjungnya backlink gratis, maka tak heran kalau blog yang memakai system ini banyak berisi komen di dalam, walaupun sangat singkat dan tidak terkait langsung dengan tema tiap postingannya.

2. Mempunyai pengunjung yang lebih banyak

Banyak orang yang mencari blog sejenis ini untuk mendapatkan backlink secara gratis. Hanya sebagai pengingat, backlink sangat di perlukan untuk menentukan peringkat blog kita.

Kekurangan dofollow yang juga harus kita perhatikan, yaitu :

1. Komen Scam

Blog yang menggunakan dofollow kemungkinan besar akan di penuhi oleh komen komen scam yang hanya ingin mendapatkan backlink secara gratis. Namun ini bisa anda siasati dengan cara membuat komen tersebut tidak otomatis tampil (perlu persetujuan anda).

2. Pagerank turun

Sebenarnya dari google sendiri tidak menyukai cara ini, jadi jangan heran sewaktu waktu pagerank anda kembali menjadi nol.

3. Menurunnya pengunjung dari search engine

Dofollow juga membuat halaman blog sedikit yang terindeks oleh mesin pencari, hal ini mengakibatkan jumlah pengunjung yang berasal dari mesin pencari semakin berkurang, sedangkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari tersebut menentukan peringkat blog kita.

Bagaimana cara kita untuk mengetahui blog lain menggunakan system dofollow atau nofollow…?. Untuk mengetahuinya, terdapat beberapa cara yang mungkin bisa anda coba :

1. Check Properties

Anda bisa check link properties komen yang ada di suatu postingan dengan cara klik kanan pada link tersebut lalu pilih properties. Perhatikan pada “Relation”, biasanya keterangan dofollow atau nofllow tertera di sana.

2. Menggunakan fitur tambahan Firefox

Mozilla firefox sebenarnya menyediakan fitur untuk memeriksa pemakaian dofollow pada suatu blog. Anda bisa menggunakannya di Add-on NoDofollow for Firefox, atau anda bisa memakai “SeoQuake"

Untuk blog yang satu ini, memang sampai sekarang masih memakai nofollow. Namun bagi anda yang butuh blog dofollow, anda bisa berkunjung ke SINI. Di sana memang saya khususkan bagi anda yang ingin mempromosikan blog, website, affiliate, atau produk anda lainnya.