Osteoporosis dan Osteoarthritis

Osteoarthritis dan Osteoporosis merupakan penyakit yang sama sama menyerang pada bagian tulang. Namun terdapat perbedaan di antara keduanya.

Osteoporosis adalah suatu keadaan di mana tulang anda seperti spon mempunyai lubang pada permukaanya. Keadaan ini apabila tidak di ketahui secara dini akan mengakibatkan kerapuhan atau bahkan patah tulang. Osteoporosis di sebabkan oleh kurangnya kalsium yang di butuhkan oleh tulang. Fungsi kalsium sebenarnya tidak hanya untuk kekutan tulang saja melainkan berfungsi juga sebagai pengatur denyut jantung, proses penyembuhan luka, proses pembentukan sprema, dan mengatur resiko hipertensi. Dalam sehari tubuh kita memerlukan 800-1000 mg/hari, apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi maka tubuh kita secara otomatis akan mengambilnya lewat tulang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan osteoporotis bisa terjadi, namun faktor faktor tersebut ada yang bisa kita cegah dan ada yang tidak.

Faktor yang tidak bisa kita cegah :

1. Usia

2. Wanita yang mengalami menopause

3. Latar belakng dari keluarga

4. Mamiliki rangka tubuh yang ramping

5. Ras, orang yang berasal dari Eropa dan Asia memiliki potensi besar mengalami osteoporosis.

Faktor yang bisa kita cegah :

1. Merokok

2. Kurang olahraga, terutama latihan beban

3. Peminum alcohol

4. Kurang mendapat asupan kalsiun dan vitamin D dari makanan atau suplemen.

Usaha yang perlu di lakukan untuk mencegah osteoporosis :

1. Cukup kalsium. Anda bisa mendapatkannya dari susu, yogurt. Telur dan sayuran berwarna hijau tua.

2. Vitamin D. Anda bisa mendapatkannya melalui supplement dan berjemur di pagi hari, waktu yang baik antara jam 7 – 9 pagi.

3. Olahraga, minimal jogging atau jalan. Lebih bagus lagi latihan beban, untuk wanita tidak perlu khawatir sebab jenis ototnya berbeda dengan jenis otot pria.

4. Berhenti merokok..

Sedikit berbeda dengan osteoporosis, osteoarthritis adalah suatu keadaan di mana pelapis pada sambungan tulang bermasalah, biasanya osteoarthritis terjadi pada lutut, tangan, leher dan pinggang. Untuk di ketahui bahwa setiap sambungan tulang kita terdapat suatu pelapis yang bersifat seperti busa yang biasa di beri nama cartilage. Ketika tulang menerima beban berat busa inilah yang akan meredamnya, setelah beban itu tidak ada maka busa tersebut akan kembali mengembang. Bisa di bayangkan apabila lapisan ini rusak, tulang akan bergesekan secara langsung dan inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada tulang kita.

Tanda tanda mengalami osteoarthritis :

1. Nyeri. Sendi anda akan terasa nyeri atau terbakar, bahkan waktu anda tidur.

2. Kaku. Setelah anda bangun tidur biasanya seluruh badan menjadi kaku, bahkan terdengar sedikit suara retakan dalam waktu yang singkat.

3. Otot menjadi lemah. Biasanya terjadi pada bagian lutut.

4. Perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh anda.

5. Suara retak. Bagian tubuh yang mengalami osteoarthritis biasanya mengeluarkan suara retakan.

Usaha yang di lakukan untuk mencegah osteoarthritis :

1. Kurangi berat badan apabila anda mengalami overweight

2. Apabila anda memiliki aktifitas gerak yang banyak, lebih baik beri air hangat pada persendian anda khususnya lutut sebelum beraktivitas. Setelah aktivitas selesai, anda bisa mengkompresnya dengan air dingin.

3. Bila tanda tanda di atas sudah anda rasakan sebaiknya segera periksa ke dokter sehingga bisa di atasi secara dini.