Tip mendapatkan tidur berkualitas

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi, hal ini di sebabkan segala recovery semua organ tubuh dapat di lakukan selama kita tidur, tidak hanya itu saja tidur juga bermanfaat bagi usia muda dalam pertumbuhan tulangnya.

Dalam kedokteran tidur kita di anjurkan untuk tidur sekitar 7 jam dalam sehari, minimal 5 jam sehari. Namun untuk warga ibu kota kadang-kadang hal ini susah untuk di penuhi dengan berbagai alasan ada yang terlalu sibuk atau memang punya masalah untuk tidur lelap. Sampai-sampai beberapa orang menggunakan pil tidur setiap harinya demi mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berikut ini informasi penting mengenai tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas :

1. Olahraga atau latihan kecil meski hanya berjalan kaki. Hal ini di lakukan untuk meminimalkan penat yang ada di pikran anda .

2. Jangan mengkonsumsi minuman berkafein setelah jam 6 sore.

3. Satu jam sebelum tidur, sebaiknya anda jangan melakukan hal-hal yang menguras pikiran anda.

4. Kalau anda mempunyai AC, sebaiknya atur temperaturenya pada kondisi yang nyaman.

5. Ini mungkin hal yang relative, tapi dengan membiarkan kamar anda gelap, anda akan mendapatkan tidur yang lelap.

6. Jaga tempat tidur anda serapi mungkin.

7. Bila di pikiran anda berisi rencana atau pikiran yang lainnya untuk hari esok, catat pikiran anda tersebut di dalam buku catatan anda.

8. Pakai lotion yang mempunyai aroma terapi, sehingga anda bisa relaks.

9. Kalau perasaan anda sedang sedih atau bimbang, tidurlah 30 menit lebih awal dalam seminggu.

10. Yang terakhir dan yang paling utama adalah doa. Dalam Islam sebalum tidur di ajarkan untuk membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dam An-Nass setelah itu usap seluruh badan anda.

Apa yang di lakukan setelah bangun tidur …?. Ane dapat dari ane punya Guru, beliau bilang setiap orang yang sedang tidur syetan mengikatnya dengan 3 ikatan, tentu saja manusia tisak bisa merasakannya. Untuk melepasnya anda harus melakuakn 3 hal setelah bangun tidur, yaitu:

  1. Membaca doa setelah bangun tidur, anda bisa lihat di buku kumpulan doa
  2. Ikatan yang kedua bisa di lepas dengan wudhu
  3. Yang terakhir yaitu dengan Shalat, tentunya Shalat Shubuh.

Kita bisa bayangkan orang yang meninggalkan ketiganya, mereka berdagang atau berangkat ke kantor padahal tubuh mereka dalam keadaan terikat, hal ini yang membuat hasilnya tidak berkah.

Satu hal lagi yang anda lakukan setelah bangun tidur yaitu minum air, sebagaimana ane sudah jelasin di sini.