Sebaiknya jaga amandel anda..

Amandel atau tonsilla palatina (tonsil), punya peran di dalam tubuh (disebut amandel karena bentuknya mirip buah amandel). Amandel merupakan salah satu jaringan limfoid di daerah faring. Fungsi jaringan yang letaknya di bagian belakang rongga mulut itu memproduksi sel limfosit (salah satu jenis sel darah putih).
Organ ini juga berperan penting dalam tahap-tahap awal kehidupan untuk melawan infeksi selaput lendir na-sofaring (di belakang rongga hidung) dari udara pernapasan sebelum masuk ke saluran napas bagian bawah. Dari penelitian juga diketahui, tonsil dapat memproduksi antibodi yang berperan dalam memproduksi Imunoglobulin A. Antibodi inilah yang membuat jaringan lokal tahan terhadap kuman penyakit.
Jadi, fungsi amandel adalah menjadi benteng pertahanan terdepan yang menangkis serangan kuman penyakit yang masuk lewat pernapasan dan mulut.

Lalu, bagaimana jika amandel itu dihilangkan, apakah akan mempengaruhi daya tahan tubuh?....Jawabannya ya. Oleh karena itu, sebisa mungkin amandel sebaiknya jangan dioperasi. Karena tubuh akan kehilangan salah satu sistem pertahanan .
Kendati demikian, pihak medis pun mempunyai alasan mengapa amandel harus dibuang.

Seperti saudara ane yang terpaksa di ambil amandelnya, sebab amandelnya sudah tidak berfungsi lagi. Bahkan setelah di cek yang ada hanya jamur, ini fotonya :

Oleh karena itu apa yang masuk ke tubuh kita baik lewat mulut atau pernapasan harus di jaga . Hindari makanan atau minuman mengandung pewarna dan pengawet. Air putih dan jus adalah yang terbaik. Dan juga harus menjaga kebersihan mulut kita.

Bagi para pengendara motor sebaiknya memakai masker sehingga dapat mencegah bakteri masuk ke tubuh kita. Sebab infeksi pada tonsil bisa menyerang organ tubuh lainnya seperti jantung,ginjal bahkan pada otak.


Sob baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan
Judul : Sebaiknya jaga amandel anda..
Bookmark : http://websitepenghasiluang.blogspot.com/2009/06/sebaiknya-jaga-amandel-anda.html.