Bahasa Indonesia...The Next International Language

Bahasa Inggris memang sudah lama di jadikan sebagai bahasa internasional, dari presiden sampai karyawan bahkan pedagang di tuntut untuk bisa menggunakan bahasa ini. Di zaman globalisasi tentu komunikasi menjadi segalanya, karena itu merupakan gerbang majunya perekonomian.

Tapi mengapa harus Bahasa Inggris, kalau kita cermati struktur Bahasa Inggris cukup sulit terdapat perubahan kata yang harus di sesuaikan dengan waktu pembicaraannya, belum lagi susunan kalimatnya atau di kenal dengan grammer yang harus kita kuasai. Lalu bahasa mana yang seharusnya menjadi bahasa internasional, kalau menurut ane tentu bahasa kita, Bahasa Indonesia. Loh ko bisa…..

Ayo kita liat, dari segi struktur Bahasa Indonesia mempunyai struktur yang sederhana S + P + O dengan di tambah kata kojugasi. Bahasa Indonesia juga tidak ada perubahan kata kerja yang terlampau sulit hanya “menambahkan” imbuhan atau kata sebagai contoh kalau ingin menyatakan future tense tinggal ditambah “akan”, kalau menyatakan present tense tinggal menambah “sedang” dan kalau menyatakan past tense tinggal menambah “sudah” atau “telah”. Kita juga bisa lihat orang luar yang datang ke negara kita, dengan cepat dia bisa menguasainya

Untuk perbandingan kita bisa melihat bahasa lain, seperti :

1. Bahasa Inggris

Seperti yang ane sudah jelasin di atas, untuk bisa bahasa Inggris kita harus benar – benar tahu soal grammer dan spelling yang benar. Tidak hanya itu saja, anda juga harus tahu tentang perubahan kata kerja seperti breakàbrokeàbroken atau buyàboughtàbought. Karena pembicaraan akan bermakna lain bila kita salah menggunakan bentuk kata kerjanya. Belum lagi spellingnya, cara pengucapan “when” berbeda dengan cara pengucapan “went”.

2. Bahasa Jepang

Ane dapat dari teman ane yang merupakan eks Jepang, kalau Bahasa Jepang itu punya tingkatannya. Jadi tidak semua orang Jepang bisa membaca tulisan di koran mereka sendiri. Di tambah lagi tulisan mereka tidak menggunakan huruf alphabetis seperti a,b,c,d….membuat Bahasa Jepang semakin sulit untuk di pelajari.

3. Bahasa India

India terbagi menjadi 2 kawasan besar utara yang kita kenal sebagai Arya dan selatan yang di kenal dengan Dravida. India juga memiliki ratusan bahasa seperti Indonesia namun tidak semua orang mengerti bahasa Hindi, Bahasa Nasional mereka. Bahasa Hindi biasanya banyak di pakai di daerah utara, untuk di daerah selatan hampir seluruhnya memakai bahasa daerahnya ada Tamil,Punjab dan Maryalam. Bahkan untuk komunikasi antara keduanya, mereka harus menggunakan bahasa Inggris, ini karena memang dulu India adalah jajahan Inggris. Keadaan ini berbeda dengan negara kita, hampir semua bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

4. Bahasa Arab

Bahasa Arab juga memiliki perubahan kata kerjanya seperti Bahasa Inggris. Dalam perubahannya ada namanya “Wazan” atau “timbangan”, Wazan inilah yang menjadi acuan dalam perubahan kata kerja, ilmu untuk mempelajarinya di namakan Shorof. Tapi perlu di ingat Bahasa Arab yang ada di Al Quran berbeda dengan bahasa Arab untuk komuikasi sehari – hari. Karena bahasa di Al Quran bernilai tinggi, jadi perlu ilmu lain untuk bisa memahaminya seperti Shorof, Nahwu, Mantik dan lainnya.

Ini semua hanya berdasarkan pemikiran ane saja, kalau ada yang salah dalam penjelasan bahasa di atas mohon pencerahannya. Dan pada postingan selanjutnya ane akan memperlihatkan video teman ane yang berasal dari India dan Vietnam, ini sebagai informasi saja mengenai bahasa yang mereka pakai.