Makanan untuk kesehatan mata

Indonesia adalah negara dengan jumlah penderita katarak terbesar di dunia, selain Cina dan India. Jumlah penderitanya mencapai 1,5% dari total penduduk 220 juta, tepatnya 4 juta pendeita. Data lain yang datang dari Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia menyebutkan bahwa di Indonesia terjadi kebutaan akibat katarak mencapai 200.000 per tahun.

Penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan ini sebenarnya dapat dicegah dengan pemeriksaan dini dan juga tentunya pencegahan melalui asupan gizi seimbang yang mengandung beberapa zat yang di butuhkan untuk kesehatan mata seperti antioksidan beta carotin, vitamin C, vitamin E, zinc, lemak omega 3, lutein dan zeaxanthin.

Beberapa makanan di bawah ini merupakan rokemandasi ahli kesehatan mata

1. Wortel

Di dalam wortel terkandung beta karotin, anti oksidan, yang dapat meminimalkan resiko dari penyakit mata seperti katarak..




2. Brokoli

Makanan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata. Untuk memakannya anda bisa merebusnya, di steam, atau di campur dengan sup.




3. Paprika

Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Buah ini banyak mengandung vitamin C ( 150-250 mg/100gr)




4. Daging

Termasuk daging ayam, sapi, kalkun dan domba. Daging kaya akan protein, zat besi dan zinc salah satu komponen terpenting dalam kesehatan mata.

5. Ubi

Ubi atau di kenal dengan sweet potatoes kaya akan karbohidrat, fiber, vitamin A, zat besi, kalsium, vitamin C dan vitamin B6



6. Bayam

Jenis sayuran ini mengandung vitamin C, beta karotin, lutein and zeaxanthin yang merupakan paket gizi untuk kesehatan mata.





7. Salmon dan sarden.

Salah satu asupan yang terpenting untuk mata adalah Omega 3, dan keduanya merupakan sumber yang kaya akan hal itu.


Sob baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan
Judul : Makanan untuk kesehatan mata
Bookmark : http://websitepenghasiluang.blogspot.com/2009/06/makanan-untuk-kesehatan-mata.html.