Bagaimana cara mengatasi rasa cemburu

Setiap orang pasti merasakan rasa cemburu pada pasangannya. Namun tidak semua orang mengetahui kalau cemburu itu sendiri bisa di bedakan menjadi 2 macam. Cemburu yang pertama yaitu cemburu reaktif. Cemburu ini biasanya timbul akibat adanya ancaman atau godaan dari luar yang ingin merusak hubungan anda dengan pasangan anda. Hal ini wajar, namun selama anda masih mempunyai kepercayaan terhadap pasangan anda dan juga sebaliknya, kecemburuan ini bisa di atasi.

Cemburu yang kedua yaitu cemburu akibat kecurigaan. Apabila di antara anda dan pasangan anda sudah tidak memiliki rasa saling mempercayai satu sama lain, maka kecemburuan akan terus membayangi hubungan anda dan akhirnya berujung pada perpisahan. Mungkin hal ini yang tidak anda dan semua orang inginkan dalam setiap hubungan.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus ada perhatikan agar anda bisa mengendalikan rasa cemburu.

1. Ketergantungan

Jangan pernah membuat hubungan anda menjadi suatu ketergantungan bagi anda. Semakin anda merasa bergantung kepada hubungan yang sedang anda jalani, semakin anda tidak bisa menguasai rasa cemburu yang datang ke anda. Lalu apa solusinya ?....., jawabannya cuma dua yaitu baik sangka dan tawakal….

2. Bangun percaya diri dan rasa menghargai diri anda sendiri

Perasaan tidak pantas atau kurang, akan membuat perasaan anda terus di hantui rasa cemburu ketika pasangan anda menurut versi anda menemukan sesuatu yang anda tidak miliki. Hal ini bisa di atasi dengan terus menumbuhkan rasa percaya diri anda, perlu di ingat setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri sendiri, yang harus anda lakukan bangun terus kelebihan yang anda punya dan tak usah terlalu di pikirkan mengenai kelemahan anda, someday KELEMAHAN ANDA AKAN MENJADI KELEBIHAN YANG TERSEMBUNYI UNTUK ANDA. Lalu bagaimana caranya ?..mudah yaitu tulis. Seperti yang ane pernah tulis pada postingan sebelumnya, bahwa segala sesuatu yang ada di pikiran kita kalau kita wujudkan dalam bentuk tulisan atau gambar akan mempunyai kekuatan lebih untuk memotivasi diri kita. Yang perlu anda lakukan adalah tulis 10 kelebihan anda dan taruh di tempat yang bisa anda lihat setiap hari. Anda juga bisa minta pendapat dari teman dekat anda.

3. Jangan pernah membandingkan

Seperti yang ane sudah jelaskan di atas setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi apapun yang ada pada pasangan anda……asyikin aja.

4. Komunikasi

Coba untuk komunikasi secara terbuka tentang perasaan anda terhadap pasangan anda. Dengan komunikasi secara langsung, rasa percaya satu sama lain bisa tumbuh.dan ini modal yang sangat berharga untuk menghadapi masalah yang akan datang.