Yang harus diperhatikan sebelum beli kamera

Anda berencana ingin membeli kamera, sebaiknya harus di pikirkan terlebih dahulu jenis kamera apa yang anda inginkan. Jangan sampai apa yang anda beli ternyata tidak sesuai dengan selera anda.

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli kamera :




1. Mengapa butuh kamera ?

Pertanyaan ini merupakan hal yang penting sebelum anda membeli sebuah kamera, karena kamera memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan. Untuk anda yang hanya menginginkan kamera sebagai media dokumentasi, anda bisa pilih kamera yang mempunyai bentuk simple dan mudah di bawa, kini kamera yang berjenis seperti itu sangat beragam dan mempunyai feature yang tidak kalah dengan jenis kamera di atasnya. Sedangkan untuk anda yang serius ingin mempelajari photografi, anda bisa membeli kamera jenis DSLR. Kamera jenis ini memiliki lensa lensa tambahan yang bisa anda pakai sesuai dengan kebutuhan, namun sebelum membeli alat alat tambahannya tersebut, anda kuasai terlebih dahulu teknik teknik photografi.

2. Tentukan spesifikasinya

Setelah anda menentukan jenis kamera yang di inginkan, kemudian tentukan juga spesifikasinya mulai dari merk, bentuk dan fitur yang di inginkan seperti ISO, pixel dan shutter speed. Untuk jelasnya anda bisa berkunjung ke www.dpreview.com. Di sana terdapat berbagai macam jenis kamera dan spesifikasinya. Sebaiknya anda buat 2 atau 3 macam pilihan kamera.

3. Cari tahu model sebelumnya dari kamera pilihan anda

Setiap model yang keluar biasanya menawarkan feature baru di dalamnya, anda bisa mendapatkannya dengan sedikit perbedaan harga.

4. Feel dari kamera

Mengapa di sarankan 2 atau 3 macam pilihan, sebab apa yang ada di referensi seperti www.dpreview.com hanyalah sebuah gambar 2 dimensi, untuk merasakannya anda perlu mencobanya secara langsung. Ambil beberapa shoot dari tiap pilihan kamera anda dan rasakan……

Yang tadi ane sebutkan di atas merupakan gambaran secara global saja, untuk selanjutanya yang harus anda perhatikan sebelum membeli kamera yaitu basic feature dari kamera itu sendiri seperti :

1. Ukuran Pixel

Salah satu yang menentukan kualitas gambar yaitu ukuran pixel, banyak kamera saku sekarang yang mempunyai feature di atas 8 MP dengan harga yang miring, sehingga walaupun anda bukan professional dalam photografi, tapi anda bisa menghasilkan foto yang bagus juga.

2. Kemampuan Zoom

Kemampuan kamera untuk melakukan zoom terhadap obyek juga anda perhatikan, semakin tinggi kemampuan kamera untuk melakukan zoom, semakin mudah anda untuk mengambil obyek obyek yang jauh dengan kualitas yang bagus.

3. Ukuran ISO

Feature ini menentukan kecerahan dari hasil photo anda, kamera yang memiliki ISO 800 dan di atasnya mampu menangkap obyek secara maksimal.

4. Shutter Speed

Semakin tinggi shutter speed yang di miliki kamera, semaik bagus kemampuan kamera tersebut dalam menangkap obyek yang bergerak.

5. Accessories dan komponen tambahan

Kamera sekarang memiliki kemampuan untuk di gabungkan dengan komponen lainnya seperti TV atau komputer, agar bekerja dengan baik anda harus memperhatikan input dan output dari masing masing komponen tersebut.